Facebook Siapkan Aplikasi Baru Setelah Matikan Instagram Lite

instagram lite

Nah Kan, Jakarta - Facebook matikan aplikasi Instagram Lite dan bakal menyiapkan aplikasi baru. Diperkirakan aplikasi baru itu bakal mengincar pengguna di Indonesia, India, dan Brazil.

Aplikasi baru itu disebut bakal dibuat berdasarkan hasil pembelajaran dari aplikasi tes Instagram Lite. Namun, Facebook tidak mengungkap kapan aplikasi anyar itu akan diluncurkan.

Layanan media sosial itu pun lantas meminta pengguna versi Lite untuk menggunakan aplikasi utama mereka atau menggunakan Instagram lewat peramban.

Aplikasi Instagram Lite dilaporkan menghilang dari toko aplikasi pada 12 April lalu. Instagram Lite sendiri adalah versi ringan dari layanan media sosial berbagi foto dan video itu.

Dalam versi ringan ini, pengguna tak bisa menggunakan semua fitur yang ada di aplikasi versi utuh. Pengguna versi Lite tak bisa mengeposkan video atau mengirim pesan pribadi kepada teman mereka.

Namun, pengguna bisa mengeposkan foto ke Feed atau Stories. Pengguna juga bisa mengakses fitur Explore untuk mendapat lebih banyak pilihan konten.

Ukuran aplikasi yang ringan ini pun hanya 1/55 dari ukuran aplikasi Instagram yang utuh. Dengan besar hanya 573KB, tentu bakal sangat membantu pengguna yang punya ponsel dengan memori terbatas.

Tujuannya, agar pengguna yang punya ponsel dengan memori dan kecepatan internet terbatas bisa tetap mengakses aplikasi tersebut.

"Kami menarik aplikasi Instagram lite. Pengguna bisa menggunakan versi terbaru Instagram," jelas juru bicara Facebook kepada TechCrunch. 

Berdasarkan laporan AppBrain, hingga saat ini Instagram Lite telah diunduh satu juta kali. Aplikasi versi ringan ini digelontorkan pertama kali pada Juni 2018 di Meksiko. Selanjutnya, aplikasi itu lantas disebar ke pengguna di seluruh dunia, seperti ditulis Android Police.

Facebook dan perusahaan teknologi lain, seperti Uber, Tinder, Spotify, telah mengembangkan apliaksi versi lite. Google pun membuat berbagai aplikasi versi lite untuk Gmail, Google Maps, hingga Youtube dengan embel-embel Go pada aplikasi itu, seperti dilaporkan The Next Web.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1